Hari ini, aku ujian filsafat dan paper proyek filsafat pukul 11.30. *tarik nafas yang panjaaaang banget *istighfar

Jadi, selama 6 bulan ke belakang, sebagai mahasiswa Sastra Inggris semester 2, se-angkatan wajib nerima pelajaran matakuliah ini. Pernah, terasa terancam dengan isu-isu filsafat yang bakal membuatmu tersesat dan terbingungkan karena bisa menggoyahkan prinsipmu. Pernah, terasa terancam dengan tugas-tugas rutin yang tiap hari Rabu malem mesti begadang dan ketar-ketir kalo nggak sesuai harapan dosen. Pernah, terasa terintimidasi dengan tekanan-tekanan psikologis pas presentasi berlangsung.

Dan, pada akhirnya, hari ini, kami disuruh memahami 6 aliran filsafat: eksistensialisme, feminisme, poskolonialisme, strukturalisme, dekonstruktivisme, dan psikoanalitik. Apa ya… aku nggak keberatan sih kalau diuji lisan; cuma, masalahnya aku nggak tahu indikator dosenku yang satu ini, Pak M. Sesekali, aku pernah berbicara dengan beliau, tanya-tanya soal tugas dan materi terkait. Hm, semoga saja dugaanku benar, bahwa Pak M memang baik hati dan mau menerima kekurangan mahasiswanya yang na’udzubillah kalo lagi tutorial.

Semalem, status Line temen-temenku pada miris soal filsafat. Ada yang pasang foto selfie pake tulisan “kamu udah ngerasa baik?”, lebih banyak yang pake stiker Moon/Conny/Brown lagi ngiler lihat buku, ato artis korea yang lagi acak-acak rambut saking gilanya. Aku? Pasang stiker Conny lagi mencak-mencak nginjek bantal. Gemes juga liat filsafat.

Fiuh, benar, filsafat memang teoritis; tapi kalau mau menelitinya lebih lanjut, kita pun berfilsafat. Entahlah, ada satu temanku yang dia itu kaya ensiklopedi berjalan. Tuh filsafat diteorikan bak ilmuwan dan make bahasa yang selangit bin alien. Somehow, aku suka bahasanya, akademis; dan ngerti beberapa filsuf dan sudah baca karyanya. Tapi ya teteup, bagiku filsafat adalah interpretasi terbaik yang pernah ada tentang diriku dan manusia.  Filsafat itu ada di sekitar diri kita -bahkan dalam diri kita sendiri; tinggal kita mau menelaahnya atau nggak; tergantung seberapa besar sense of consciousness kita.

To be continued, mau siap-siap presentasi paper buat jam 11.30 nanti.

Advertisements