Tak terasa, sebentar lagi, Ramadhan mendatangi seluruh umat Muslim di dunia :3

Tiga agenda tetap tiap kali Ramadhan adalah, puasa (of course), buka bersama, dan tarawih. Tapi, seperti tamu yang jarang berkunjung, Ramadhan pasti meninggalkan kesan yang berbeda di setiap tahunnya. Well, tak perlu lah aku bcerceramah panjang lebar seperti Pak Ustadz. Ini juga sekalian untuk menanyakan visi apa yang kita bawa di Ramadhan tahun ini.

Ramadhan; jika kata itu disebut, apa yang ada di dalam benak kita? Puasa sebulan? Tarawih yang di awal semangat, di tengah-tengahnya males, lalu ngilang di akhir-akhir? Mal yang penuh diskon? Acara TV yang tiba-tiba jadi ceramah agama semua? Zakat fitrah? Proses penyucian diri? Atau… wisata kuliner tiap ngabuburit?

Ramadhan; jika kata itu disebut, apa yang menjadi tujuan kita bertemu dengannya? Memohon agar Allah mengampuni kita? Waktunya diet karena puasa sebulan? Waktunya silaturahmi ke keluarga besar? Waktunya beramal? Atau waktunya bersenang-senang?

Ramadhan; jika kata itu disebut, bagian apa darinya yang paling menarik? Saat sahur atau berbuka dan berkumpul dengan keluarga? Saat berbuka dan ngabuburit bareng temen? Saat siang hari karena bisa tidur dengan alasan berpuasa? Atau saat malam di mana masjid-masjid akan diramaikan? Atau di malam-malam akhir Ramadhan di mana masjid mulai ditinggalkan penghuninya ke Mal sebelah?

Ramadhan; jika kata itu disebut, hadiah apa yang kita harapkan darinya? Hidayah? Ampunan? Hidup baru? Cinta? Baju dan barang baru? Makanan-makanan yang melimpah dan berkah?

Ramadhan; beribu wajah menghadapinya. Aku hanya punya permintaan seperti ini ketika Ramadhan tiba; semoga Allah memberiku hidayah dan mengizinkanku hidup seterusnya dengan hidayah yang Dia berikan. Amiin.

Kamu minta apa?

 

Advertisements