Ah, Allah…. semakin ke sini, Engkau semakin membukakan keagunganMu. Jadikanlah ilmu-ilmu yang kami terima ini menjadi hal yang bermanfaat untuk kami. Jadikanlah ilmu yang kami terima ini sebagai sarana untuk berbakti padaMu, menegakkan namaMu, serta ladang amal bagi kami.

Allah, pada malam hari ini jika kami mengingat kembali firmanMu,

“Apakah kamu tidak mengetahui bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa saja yang ada di langit dan di bumi.”(QS. Al-Hajj: 70)

Kembalikan kesadaran kami jika pada hati kami terselip setitik kesombongan, padahal kami tak tau secuilpun tentang peristiwa 1 detik berikutnya. Kembalikan kesadaran kami jika pada hati kami terselip kekhilafan, padahal kami tak tau kapan ajal menjemput kami. Innalillahi, sungguh, seluruhnya berasal dan kembali padaMu.

“Di sisi-Nya segala anak kunci yang ghaib, tiadalah yang mengetahui kecuali Dia sendiri. Dia mengetahui apa-apa yang ada di daratan dan di lautan. Tiada gugur sehelai daun kayu pun, melainkan Dia mengetahuinya, dan tiada sebuah biji dalam gelap gulita bumi dan tiada pula benda yang basah dan yang kering, melainkan semuanya dalam Kitab yang terang.” (QS. Al-An’am: 59)

Bahkan, sederet titel yang kami sanjung tak kan pernah kami raih jika bukan atas izinMu. Maka, sadarkanlah kami atas keagunganMu, keluasan ilmuMu, dan berikanlah atas kami tentang pencerahan kalimat-kalimatMu.

“Katakanlah, kalau sekiranya lautan menjadi tinta untuk menulis kalimat-kalimat Tuhanku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis ditulis kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun kami datangkan tambahan sebanyak itu pula.” (QS. Al Kahfi: 109)

“Dan seandainya pohon-pohon di muka bumi menjadi pena dan laut (menjadi tinta), ditambahkan kepadanya tujuh lautan lagi, niscaya tidak akan habis-habisnya (dituliskan) kalimat Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” (QS. Luqman: 27).

Jangan jadikan kami seperti ini,

“Katakanlah, perhatikanlah apa yang ada di langit dan di bumi. Tidaklah bermanfaat tanda kekuasaan Allah dan Rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman.” (QS. Yunus: 101).

Mereka yang durhaka justru berawal dari pembuka pintu rahmat. Sungguh, Engkau hanya memberi petunjuk kepada orang-orang yang beriman kepadaMu. Maka, masukkanlah kami ke dalam golongan orang-orang yang beriman.

“Bacalah (ya Muhammad) dengan nama Tuhanmu Yang Menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari ‘alaq. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah. Yang Mengajar (manusia) dengan perantaraan alam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.” (QS. Al-‘Alaq:1-5)

“Dialah Tuhan yang membentangkan bumi dan menjadikan padanya semua buah-buahan berpasang-pasangan. Allah menutupkan malam kepada siang. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (QS. Ar Ra’du: 3)

“Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian tanah yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanam-tanaman dan pohon kurma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebahagian tanam-tanaman itu atas sebahagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.” (QS. Ar-Ra’du: 4)

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal. Yaitu orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Mahasuci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.” (QS. Ali Imran: 190-191)

Sesungguhnya, inilah sekarang apa yang harus kami lakukan. Dan kami tahu, Engkaupun telah mengatur sedemikian rupa untuk kebaikan kami, di dunia dan akhirat. Yaa muqollibal quluub, tsabbit qalbi ‘alaa diiniik.

“Dan katakanlah; bekerjalah kamu maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.” (QS. At-Taubah: 105)

Advertisements