Postingan sebelumnya ada di sini.

Melanjutkan pertanyaanku di postingan sebelumnya, kenapa orang-orang sangat menikmati kopi? Inilah analisis jawabanku.

Kopi: Sebuah Gaya Hidup

Hampir seluruh lapisan masyarakat Indonesia minum kopi. Percaya atau tidak, kopi adalah minuman sejuta umat selain teh dan air putih (bening). Orang-orang di desa cangkruknya minum kopi di bale-bale atau gubuk tengah sawah. Masyarakat urban yang tinggal di daerah pinggiran kota cangkruknya juga minum kopi di warung. Sampai ada pemeo baru, “Ngopi dhisik ben gak salah paham” yang artinya, “Ngopi dulu, agar tidak terjadi kesalahpahaman”. Hingga para eksekutif dan pejabat juga cangkruknya minum kopi di kafe-kafe.

Secangkir kopi, dipandang sebagai suatu media sosialisasi dan interaksi di suatu kelompok masyarakat. Pertama, dari cara menikmatinya. Minum kopi tidak akan nikmat jika kita meminumnya tergesa-gesa seperti dikejar sesuatu. Kopi butuh dinikmati dengan duduk tenang, situasi santai, dan mungkin sambil melakukan hobi kita, seperti membaca, menulis, atau ngobrol dengan orang-orang terdekat.

Kedua, dari aromanya. Menurut penelitian, aroma kopi membawa gelombang ketenangan yang mempengaruhi otak manusia. Artinya, seseorang yang minum kopi lebih bisa diajak untuk berpikir jernih. Kalau begitu, pemeo di masyarakat itu benar adanya. Dengan minum kopi, seseorang lebih mudah berinteraksi dengan orang lain.

Ketiga, kopi juga mengurangi stres akibat insomnia. Aroma kopi dapat menurunkan tingkat ketegangan pikiran.

Secangkir kopi, adalah salah satu pemantik inspirasi. Orang-orang jadi lebih betah duduk di tempat dan membahas pekerjaan-pekerjaan mereka. Lebih banyak bahan untuk dibicarakan, ditulis, atau dikontemplasikan bersama.

Wajar saja jika kopi menjadi minuman sejuta umat, apalagi bangsa Indonesia yang terkenal suka bercerita, berbagi peristiwa, dan cangkruk (menjadi masyarakat kolektivis yang sebenarnya).Kopi, selalu menghadirkan sensasi yang dipilih peminumnya. Meski awalnya kopi bukan berasal dari Indonesia, setidaknya kopi bisa menjadi salah satu media untuk mempersatukan masyarakat Indonesia yang sedang carut marut ini.

Yuk, minum kopi!

Advertisements