Sejak mengalihkan diriku untuk menengok dapur, aku jadi suka bikin cemilan-cemilan praktis buat dimakan bareng-bareng sama keluarga (ya… soalnya belum punya pasangan #eh ;)). Salah satunya adalah pisang krim cokelat/keju. Ini sejenis pisang keju cokelat; tapi cara buatnya beda. Kenapa pisang? Karena bahan ini mudah diolah secara praktis; bergizi pula. Resepnya simpel banget, meraciknya juga nggak ribet-ribet. Cocok dimakan sambil jagongan sepanjang waktu alias bisa dikonsumsi di pagi, siang, atau malam hari. Cocok bagi koki pemula sepertiku yang masih belum tau ribetnya dapur. Hahaha. Okay, check this out!

sumber: bisnisukm.com

Bahan:

1. Satu sisir pisang. Pilih pisang yang matang karena rasanya manis dan teksturnya lembut. Oiya, pisang yang digunakan sebaiknya pisang yang biasanya dibuat pisang goreng.

2. 125 gr cokelat batangan. Banyak tersedia di toko bahan kue. Tadi, aku beli yang 250 gr seharga delapan ribu. Yang dark chocolate ya. Atau kalau mau warna-warni… boleh dan bisa banget dicoba dengan white chocolate lantas diberi pewarna atau cokelat compound yang langsung warna-warni.

3. 50 gr keju.

4. 50 gr meses.

Langkah-langkah:

1. Kupas pisangnya; potong sesuai selera. Bisa dipotong bulat seperti di atas atau dibiarkan utuh. Kalau mau dibentuk sate seperti di atas, langsung susun dengan stik es krim.

2. Lelehkan cokelat. Namun, sebelum dilelehkan, potong cokelat kecil-kecil agar lebih cepat meleleh (ah, jadi inget rumus Fisika soal lebarnya permukaan yang lebih mempercepat pemanasan). Taruh di sebuah wadah alumunium. Kemudian panaskan wajan yang setengahnya berisi air. Kecilkan apinya. Masukkan wadah alumunium yang berisi cokelat ke dalam wajan. Tunggu sampai cokelat sedikit meleleh sambil terus diaduk agar nggak ada cokelat yang membentuk butiran-butiran halus. Jika air sudah habis, matikan apinya; tetapi tetap aduk cokelatnya. Biarkan cokelat ada di dalam wajan, biar nggak mudah membeku.

3. Parut kejunya.

4. Masukkan pisang ke dalam cokelat yang sudah meleleh. Volume cokelatnya bisa sesuai keinginan kita. Mau full-covered atau part-covered; bisa.

5. Jika ingin taburan keju dan meses yang menempel; selagi belum memadat (FYI, cokelat batangan bisa memadat di suhu kamar lho), langsung taburkan keju dan meses.

6. Sajikan.

Gampang, kan?

Perhatian: cemilan ini berlemak tinggi. Hati-hati tergiur bagi yang diet dan menghindari makanan-makanan manis. Selamat mencoba! 🙂

Advertisements