Antara sedih, bahagia, dan perasaan yang penasaran bercampur jadi satu waktu the Genks lagi mroyek CFD#2 di Taman Bungkul.

Diawali dari temen-temen FSLDK Surabaya Raya yang kampanye Gerakan Menutup Aurat dan menggalang dukungan dengan tanda tangan oleh pengunjung Car Free Day Bungkul, para volunteer MuslimWaY langsung membagi-bagi kuponnya kepada orang-orang sekitar yang tertarik dengan aksi kami. Mungkin, karena ada iming-iming jilbab gratis semua akhirnya berdesakan di depan stan kami. Ribut ingin minta kupon dan tanda tangan; ribut ingin minta jilbab yang ini dan itu; ribut ingin minta Pocari Sweat dan paketan di tas pinky.

Dari sinilah, perasaan sedih mulai muncul. Karena awalnya, harapan dan bayangan kami bukan seperti itu. Kalau begini, kami justru merasa “kenapa masih ada mental peminta-minta” pada sebagian orang yang mendatangi kami? Tau pembagian daging kurban yang nggak pake kupon dan nggak ada waiting line? Ya seperti itu. Sedih, karena ternyata banyak umat Muslim yang belum mampu untuk sekedar membeli jilbab syar’i yang cukup panjang. Tapi jujur, lebih sedih lagi karena mereka tak bisa mengendalikan dirinya.

Meskipun begitu, tetep bahagia juga karena animo masyarakat besar karena ternyata niatan mereka untuk berhijab dan menutup aurat masih ada. Di sesi-sesi terakhir, aku melihat cewek-cowok (entah suami istri atau bukan) yang tampilannya agak mirip-mirip anak hardcore begitu. Yang cowok, pake tindik telinga, baju agak kusam, celana 3/4, dan sandal jepit. Yang cewek, masih pake baju tidur warna pink pucat, sandal, dan rambutnya agak acak-acakan. Mereka langsung semangat tanda tangan; dan antri dengan tertib untuk dapet paketan yang hampir habis. Dan mereka kehabisan.

Di tanganku masih ada 1 karena itu jatah untuk volunteer. Jujur, karena mereka begitu bersemangat; dan melihat ada ekspresi di wajah mereka yang begitu tulus; aku pun memberikan milikku pada mereka. Itu hadiahku untuk mereka. Aku cuma bisa berdoa, semoga Allah memberikan berkah melalui paket itu. Semoga Allah berkenan menurunkan hidayah untuk mereka dan untukku.

Dan… gado-gado ini berakhir sekitar jam setengah 10; setelah the Genks + Muzdalifah mengadakan aksi melepas balon bersama; agar harapan kami melayang jauh ke atas, ditangkap oleh pena takdirNya untuk diridhoi dalam melakukan kebaikan dan kebermanfaatan yang semakin luas. Aamiin.

Terakhir, aku penasaran; akan seperti apa kami ke depan? Akan seperti apa MuslimWaY 5 atau 10 tahun lagi. Doakan saja, agar kami mampu tetap istiqomah di jalan ini.

Advertisements