Kemarin dan hari ini sekeluarga teriak-teriak heboh gara-gara sebuah serial berlatar belakang sejarah Bollywood yang (kuakui) amazing. Rumah yang sedari pagi sampe sore sepi karena penghuninya masih pada ada urusan di luar; mendadak heboh gara-gara episodenya. Serial ini menjadi juara di Indian Telly Award tahun lalu; saingan beratnya Mahabharata.

Ini foto-foto pemeran serialnya…

Yups! Serial berlatar belakang sejarah yang keturunannya pendiri Taj Mahal ini berjudul Jodha-Akbar. 

Kuakui, meskipun aku sudah sedikit belajar media dan intrik-intriknya; tapi gak jarang aku kagum dengan cara sutradara dan produsernya buat menanamkan nilai-nilai di balik ceritanya yang greget. Tokoh Jodha Bai (Paridhi Sharma) kuat banget karakternya dan dia berhasil membawakan perannya dengan bagus. Diimbangi oleh Raja Jalaluddin (Rajat Tokas) yang juga mantep banget *pasang-muka-gemes kalo lagi nggombalin Jodha. 

Hanya saja… hanya saja… sangat disayangkan di situ digambarkan jika toleransi yang dilakukan oleh Raja Mughal itu agak kelewatan (menurutku sebagai seorang Muslim). Yaa ini pandangan personal. Contohnya ketika Jodha berdoa dengan gerakan khas kepercayaannya; Jalal juga ikut-ikutan berdoa di situ yang caranya juga hampir mirip sama Jodha -_-. Untungnya, kisah cinta Jalal dan Jodha diramu begitu apik dan logis!

Logis, inilah yang aku suka dari jalan ceritanya. Menunjukkan proses pendewasaan dari masing-masing karakternya, proses dalam berumahtangga. The crew portrays the process beautifully. Jalal and Jodha are The Shaheenshah (The King)  and Begum (Queen) of Mughal but they are also human beings. Mereka juga kadang melakukan kesalahan, menjadi lemah, dan sering hampir putus asa. Tapi mereka tak pernah lupa bahwa ada Tuhan untuk tempat bergantung dan cinta yang terus menumbuhkan harapan dan kepercayaan di dalam keluarga.

G-OO-D J-O-B for Jodha-Akbar and the crews! You deserved the awards!

Advertisements