Tetiba membuka link di Facebook tentang keilmuan dan aku ngeri lalu istighfar membaca kalimat di bawah ini:

-Pasalnya, amat banyak mereka yang berilmu, tetapi justru menjauhkan dirinya dari Allah Ta’ala. Bahkan, tak sedikit mereka yang berilmu itu menggunakan pengetahuan yang diberikan oleh Allah Ta’ala untuk menentang, mengakali, memanipulasi aturan-aturan-Nya agar sesuai dengan bisikan setan dan bujukan nafsunya.

image

Innalillahi wainnailaihiraajiiuun… Wahai Rabbi, jangan butakan mata hatiku dariMu karena ilmu yang telah Engkau anugerahkan padaku. Rasanya sedih, ketika menilik kembali kejadian beberapa bulan ini. Termasuk dengan kejutan-kejutan konferensi, ke luar negeri, menang ini itu. Diri ini alpa, bahwa semua itu sejatinya adalah ujian.

Wahai Rabbi, jangan Kau berikan aku musibah atas ilmu yang Kau berikan padaku. Saat hati dipenuhi cahaya ilmu dunia, seharusnya akal mengingat bahwa sumber segala ilmu adalah Allah yang diturunkanNya melalui AlQur’an, yang disebarluaskan melalui jalan suci para Rasul, Nabi, dan Ulama’.

Ya Rabbi, ampuni diri ini yang seringkali alpa dan merasa tinggi di hadapanMu dan makhlukMu. Ya Rabbi, jadikanlah ilmu kami membawa keberkahan untuk hidup kami, keluarga, dan masyarakat. Ya Rabbi, selamatkanlah jiwa dan raga kami dari siksa api neraka melalui apa-apa yang sudah kami pelajari.

Maka aku ingin menjadi salah satu di antara mereka,

Mereka inilah orang yang dipilih oleh Allah Ta’ala. Mulanya, mereka berilmu. Kemudian ilmu yang diberikan oleh-Nya ini membuat dirinya semakin takut kepada Allah Ta’ala. Ilmu inilah yang menyelamatkan di dunia dan menyejahterakan kelak di akhirat.

Advertisements