image

Jadi, apa jawabanmu?
Bukan;

Yang penting adalah BAGAIMANA caramu menjawabnya.
Dari pengalamanku diwawancarai dan bertanya pada scholarship hunters, sebenarnya tidak ada trik khusus untuk menjawab dengan jawaban paling ‘bersayap’, ‘bagus’, atau ‘menarik’. Kenapa? Tentu saja setiap manusia hadir dengan cerita yang berbeda, pengalaman yang bervariasi, dan sikap hidup yang tak sama.

Sekali lagi, bagaimana caramu menjawabnya akan membuktikan bagaimana caramu berpikir. Dan faktor itulah yang akan sangat dipertimbangkan oleh pemberi beasiswa. Yang mereka cari, adalah orang-orang outstanding; yang berbeda dan unik. Yang mampu mencari sudut pandang lain dan tau untuk apa dan bagaimana sudut pandanh itu digunakan. Yang mampu menghasilkan sesuatu dari sudut pandang itu.

Pertanyaan-pertanyaan itu sama; tapi mereka yang outstanding akan tau bahwa kejujuran adalah segalanya. Kejujuran itu akan terpancar sendirinya dari hati yang melakukan kerja nyata, aksi nyata, dan hanya perlu sedikit skill untuk menyajikannya dengan manner dan fluency yang baik.

Di dalam antologi esai yang memuat 50 esai pendaftaran kampus Ivy League (Harvard, Princeton, Columbia Universty, etc); kejujuran dan pengalaman personal itu dikemas dalam jawaban yang well structured, well mannered, dan well planned. Karena hal itu membuktikan bahwa orang-orang itu berhasil mengambil dan mengaplikasikan pelajaran dari hal-hal sederhana di sekitarnya. Ya, tiap orang jelas mendapat pelajaran; tapi tidak setiap orang cukup cerdas dan berbesar hati mengambilnya.

Think about it!

Advertisements