ā€‹Ngomong-ngomong soal #KKN, satu hal yang perlu dibahas! Apa itu? Bagi-bagi resep makanan! Ini akibat (positif) dari jadwal piket rutinan dua kali seminggu, bareng anak-anak dari Seluruh Indonesia itu. Beberapa gadis di kelompokku sangat mahir mengolah berbagai bahan makanan bak koki profesional. Jadi, aku pun belajar dari mereka. Dari yang sebelumnya cuma terampil bikin camilan biasa, aku jadi tahu beberapa resep makanan berat dan kudapan dari luar Jawa. 

Sesuai daerah KKN yang kutempati, masakan yang seringkali dinikmati adalah masakan Melayu, dengan bahan-bahan yang hanya ada di tanah Melayu. Salah satunya yakni sambal goreng bilis. FYI, masakan tersebut adalah menu favorit baruku selain rendang. Oh ya, bilis itu istilah lain dari ikan teri. Teri yang mana? Teri khas Melayu, variasinya ada teri Medan yang ekstra mini sampai teri yang ukurannya sebesar jari. Kata Silpi, salah seorang koki Melayu totok di kelompokku, masakan sambal bilis ini andalan para mahasiswa Melayu di tanah rantau. Biasanya, mahasiswa asal tanah Melayu yang baru pulkam rata-rata akan dipasok dengan setoples penuh sambal bilis plus salah satu jenis Indomie (aku lupa rasa apa). Eh iya, langsung aja lah ke resepnya.

Bahan-bahan:

Bilis (sesuai kebutuhan dan keinginan), Cabe merah, Cabe rawit (sesuai kebutuhan dan keinginan), Bawang merah, Bawang putih, Terasi, Garam, Gula, Kecap, dan Minyak goreng. Bahan lain selain teri, seperti kacang tanah boleh juga ditambahkan.

Cara Memasak:

1. Haluskan bumbu sambal goreng (bawang merah, bawang putih, garam, gula, cabai rawit, cabai merah)

2. Bakar terasi hingga agak gosong. Masukkan ke dalam bumbu yang sudah dihaluskan

3. Tumis bumbu sampai baunya agak harum. Angkat dari penggorengan.

4. Jika ukuran bilis agak besar, pisahkan kepala dan tubuhnya. Setelah itu cuci yang bersih dan goreng bilis hingga matang dan agak kering (tingkat kekeringan terserah, yang penting matang). Kalau ada bahan lain selain bilis, pastikan digoreng sebelum bilis agar bau dan rasanya tak tercampur dengan bilis.

5. Masukkan bumbu yang sudah ditumis dan aduk rata dengan bilis yang sudah matang. Masak hingga aromanya harum dan bumbunya meresap. Tambahkan kecap. Waktu yang dibutuhkan tak terlalu lama, karena tumisan terakhir ini agar bumbunya meresap sempurna.

6. Sajikan dengan nasi putih pulen hangat. Tambah nikmat jika disajikan dengan nasi uduk (nasi dicampur santan). Di Jawa, sambal goreng bilis (teri) biasanya lauk khas untuk nasi kuning bersama kering tempe, tapi entah kenapa aku tak terlalu suka kombinasi ini.

Jujur saja, nasi dan sambal bilis ala Melayu ini masakan andalan selain tumis sayur dan telur dadar saat uang kas menipis dan sindrom malas masak melanda para petugas piket šŸ˜€

Tapi yang jelas, masakan ini masih tetap yahud sampai sekarang. Tiap kali kangen dengan squad KKN, aku selalu memasak sambal bilis untuk menggenapkan rindu pada mereka. Hmm… Mau mencobanya?

Advertisements